Index: Indonesian (Bahasa Indonesia Sehari-hari)

 

Pengkhotbah 11

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9] [10] [11] [12]

11:1 Tanamlah uangmu dalam usaha di luar negeri. Pasti kaudapat untung di kemudian hari.

11:2 Tanamlah modalmu di berbagai niaga; carilah usaha sebanyak-banyaknya. Sebab orang perlu waspada, sebelum musibah menimpa.

11:3 Ke arah mana pun pohon itu rubuh, tetap akan terbaring di tempat ia jatuh. Bila awan mengandung air hingga sarat, hujan pun turun ke bumi dengan lebat.

11:4 Siapa menunggu sampai angin dan cuaca sempurna, tak akan menanam dan tidak pula memetik hasilnya.

11:5 Allah membuat segala-galanya, dan manusia tak dapat memahami tindakan-Nya; begitu pula ia tak mengerti tumbuhnya kehidupan baru di dalam kandungan seorang ibu.

11:6 Taburlah benihmu di waktu pagi dan janganlah berhenti di malam hari. Sebab kita tak tahu taburan mana yang baik tumbuhnya. Barangkali juga keduanya tumbuh dengan sempurna.

11:7 Sinar matahari membuat bahagia; alangkah senangnya bila dapat menikmatinya.

11:8 Hendaklah engkau bersyukur kalau bertambah umur. Tapi ingat, biar engkau hidup lama di bumi, masamu di alam maut masih lebih lama lagi. Jadi, apa yang mau diharapkan pula? Semuanya percuma dan sia-sia.

11:9 Nikmatilah masa mudamu, hai pemuda! Bergembiralah selama engkau masih remaja. Penuhilah segala hasrat jiwamu, laksanakanlah semua niat hatimu. Tetapi ingat, Allah yang ada di surga, kelak mengadili tindakanmu semua.

11:10 Usirlah khawatir dan susah dari hatimu, sebab masa mudamu cepat berlalu.

 

Created with FREE HTMLCompiler by BibleDatabase